12
May

Wakil Bupati Labuhanbatu Serahkan Kartu Keluarga Sehat di Kelurahan Urung Kompas

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Teks Foto : Wakil Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT ketika menyerahkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada salah seorang warga kurang mampu di Kelurahan Urung Kompas.

Penyerahan KKSRANTAUPRAPAT, ML : Wakil Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT didampingi Kepala Kantor Pos Cabang Rantauprapat Agus Tambunan dan Kadis Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Labuhanbatu H Elpin Riswan, SE, Kamis (12/5) siang telah menyerahkan Kartu Keluarga Sehat kepada masyarakat sebanyak 182 KK di Kelurahan Urung Kompas Kecamatan Rantau Selatan.

          Dalam arahannya Andi Suhaimi mengatakan, masyarakat harus mengetahui bahwa persaiangan kita sudah persaingan antar Negara yaitu dengan dibukanya masyarakat ekonomi asean (MEA), orang yang ada dinegara lain boleh bekerja dinegara kita begitu pula sebaliknya, kalau masyarakat kita tidak sehat, tidak pintar dan ekonominya kurang mampu, maka masyarakat Indonesia akan kalah bersaing dengan Negara lain.

            Untuk mengantisipasi hal itu, pemerintah kita ingin mewujudkan rakyat yang pintar, sehat dan meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan meningkatkan kemampuan ekonomi, agar dapat bersaing di tatanan internasional. Untuk itu pemerintah membuat suatu program melalui Kartu Keluarga Sehat (KKS), KKS adalah kartu yang diterbitkan oleh pemerintah sebagai pengganti Kartu Perlindungan Sosial (KPS) yang berfungsi sebagai penanda bahwa sipemegang kartu ini berhak menerima bantuan uang tunai dari pemerintah. Untuk mengambil uang dari pemerintah tersebut anda bisa dating ke kantor Pos terdekat dengan menunjukkan nomor SIM CARD yang ada dikartu KKS.

            Menurut Andi Suhaimi, salah satu perbaikan program tersebut diantaranya dengan diperkenalkannya penggunaan tekhnologi untuk menjangkau masyarakat kurang mampu, hal ini dilakukan agar penyaluran program bantuan tunai dapat lebih baik dan lebih efisien, selain kartu keluarga sejahtera (KKS) ada juga Kartu Keluarga Pintar dan Kartu Indonesia Sehat, ketiganya merupakan upaya pemerintah memperbaiki program kesejahteraan masyarakat khususnya bagi masyarakat kurang mampu.

            Dijelaskan Wakil Bupati Labuhanbatu, bahwa pada hari ini, untuk tahap awal akan disalurkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), di Kelurahan Danau Balai sebanyak 62 KK dan di Kelurahan Urung Kompas sebanyak 120 KK, kita berharap kartu ini dapat dimanfaatkan untuk mendukung kesejahteraan keluarga.

            Pada Kesempatan itu Kepala Kantor Pos Cabang Rantauprapat Agus Tambunan menerangkan, Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) adalah kartu yang diterbitkan oleh pemerintah sebagai penanda keluarga kurang mampu, sebagai pengganti Karti Perlindungan Sosial (KPS). Kartu Keluarga Sejahtera adalah merupakan penanda keluarga kurang mampu yang berhak untuk mendapatkan berbagai bantuan sosial termasuk simpanan keluarga sejahtera.

            Agus Tambunan juga menyebutkan, data penerima keluarga sejahtera menggunakan data yang berasal dari basis data terpadu (BDT). BDT merupakan hasil pendataan program perlindungan soosial (PPLS) 2011 yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik dan diolah lebih lanjut oleh TNP2K. dari data tersebut, TNP2K membuat urutan keluarga menurut peringkat kesejahteraan dan status sosial ekonominya.

            Kepala Kantor Pos itu juga menjelaskan, bahwa syarat dan ketentuan penggunaan KKS yaitu, Kepala rumah tangga pemegang kartu ini beserta seluruh anggota rumah tangganya berhak menerima program simpanan keluarga sejahtera. Kartu ini ditunjukkan saat pengambilan program simpanan keluarga sejahtera yang akan diluncurkan oleh Kementerian Sosial. Ketidak sesuaian nomor kartu keluarga asli dengan nomor kartu keluarga yang ada di KKS, tidak menghapuskan hak rumah tangga atas manfaat program dan Kartu ini tidak dapat dipindahtangankan.