Beranda Pemerintahan Sekretariat Daerah Pagelaran dan Festival Seni Melayu Pukau Ribuan Penonton Rantauprapat
Pagelaran dan Festival Seni Melayu Pukau Ribuan Penonton Rantauprapat PDF  Array Cetak Array
Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 
Ditulis oleh Kabag Humas   
Rabu, 16 November 2011 19:32

Teks foto : Wakil Bupati Suhari Pane SIP ketika menyerahkan trophy dan uang pembinaan kepada para pemenang festival lagu dan tari-tarian Melayu.

PENYERAHAN HADIAHRANTAUPRAPAT, ML : Pagelaran Seni Tari dan Lagu-Lagu Melayu yang dilaksanakan oleh Rantauprapat Creatif Forum berhasil memukau ribuan penonton yang memadati Gedung Naional Rantauprapat, Selasa (15/11) malam.

Acara yang dipadu dengan pelaksanaan festival lagu, tari dan monolog budaya Melayu yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 14 – 15 Nopember 2011 itu juga dihadiri oleh Wakil Bupati dan Ibu Suhari Pane SIP, Ketua Tim Penggerak PKK Dr Hj Fitra Laila Tigor Panusunan SpTHT, Ketua DPRD Hj Ellya Rossa Siregar SPd, Asisten Pemerintahan Drs Karlos Siahaan, Asisten Administrasi Umum Ahmad Muflih SH, para kepala SKPD, tokoh adat budaya Melayu, ketua Dewan Pendidikan, ketua Dewan Kesenian, pimpinan OKP dan Ormas.

Dalam sambutannya wakil bupati Suhari Pane SIP mengatakan, selama ini kita gelisah dengan eksistensi budaya yang kita miliki, namun pada malam ini kegelisahan itu terjawab sudah.

Kita sama-sama melihat, bahwa budaya Melayu sebagai salah satu budaya nasional masih tetap eksis tidak akan lapuk ditelan bumi. “Saya berharap hal ini dapat menjadi inspirasi dan motivator bagi etnis lainnya untuk melakukan pelestarian budaya yang dimiliki”, kata Suhari.

FESTIVAL 2Pemkab Labuhanbatu pada dasarnya memberikan perhatian sangat besar terhadap upaya pelestarian seni dan budaya, seperti yang dilakukan oleh Rantauprapat Creatif Forum ini. Hal ini hendaknya dapat diikuti oleh komunitas atau organisasi lainnya agar budaya lokal tidak tergerus oleh zaman.

Pada bagian lain Suhari menegaskan, bahwa pelaksanaan pendidikan gratis di Labuhanbatu baru akan dilaksanakan pada tahun 2012. Hal ini disampaikan Suhari berkaitan dengan banyaknya keluhan masyarakat akan besarnya biaya sekolah yang dikeluarkan orang tua murid.

Ditegaskannya, pada tahun 2012 nanti orang yang paling miskin sekalipun harus sekolah. “Tidak ada alasan lagi untuk tidak menyekolahkan anaknya, karena segala biaya telah ditanggung oleh Pemkab Labuhanbatu”, tegas Suhari.

Ketua Panitia Penyelenggara M Iqbal mengatakan. kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka melestarikan budaya Melayu. Mengingat saat ini, lagu-lagu dan tari-tarian bernuansa Melayu di tengah-tengah gencarnya lagu modern, perlahan-lahan mulai ditinggalkan oleh generasi muda.

FESTIVAL 4“Melalui pagelaran dan festival ini, kita harapkan para generasi muda mampu melestarikan dan mencintai budaya sendiri. Kegiatan tersebut secara tidak langsung bisa mengasah kemampuan bagi mereka yang mimiliki hobi dan bakat bernyanyi Lagu-lagu Melayu,” ungkapnya.

Dijelaskannya, bahwa pagelaran dan festival ini diikuti para pelajar mulai dari tingkat SLTP, SLTA dan Mahasiswa. Adapun para pemenang dalam festival lagu-lagu Melayu pada acara tersebut terdiri dari tingkat SLTP Putra : juara 1 SMP Negeri 1 Panai Tengah dan juara 2 MTs Negeri 2 Rantauprapat.

Tingkat SLTP Putri : juara 1 SMP Bhayangkari Rantauprapat, juara 2 MTs Negeri 2 Rantauprapat dan juara 3 SMP Negeri 1 Panai Tengah. Untuk tingkat SLTA Putra, juara 1 Yapim Rantauprapat, juara 2 MAN Rantauprapat dan juara 3 SMA Negeri 1 Rantau Selatan.

Tingkat SLTA Putri, juara 1 SMA Negeri 2 Rantau Utara, juara 2 MAN Rantauprapat dan juara 3 SMA Negeri 1 Panai Hilir. Untuk Tingkat Perguruan Tinggi Putra, juara 1 Univa Labuhanbatu, juara 2 ULB dan juara 3 ULB. Tingkat Perguruan Tinggi Putri, juara 1 AKBID Ika Bina, juara 2 Unisla dan juara 3 AKBID Ika Bina.

Festival Tari Melayu Tingkat SLTP, juara 1 SMP Negeri 1 Panai Hilir, juara 2 SMP Negeri 1 Panai Tengah dan juara 3 MTs Negeri 2 Rantauprapat. Tingkat SLTA berhasil diraih oleh SMA Negeri 2 Rantau Utara sebagai juara 1, juara 2 diraih SMA Negeri 1 Rantau Utara dan juara 3 diraih oleh SMA PPR.(AR).

 

PENGUMUMAN PEMENANG

PEMANFAATAN BARANG

MILIK DAERAH EKS.PASAR BARU

(BGS)

KLIK DISINI

Pengumuman

BEASISWA PRESTASI

LABUHANBATU

di sini...


LabuhanbatuKab.go.id
Kab. Labuhanbatu