Beranda Pemerintahan Sekretariat Daerah Pemerintah Memiliki Tanggung Jawab Utama Dalam Menegakkan HAM
Pemerintah Memiliki Tanggung Jawab Utama Dalam Menegakkan HAM PDF  Array Cetak Array
Penilaian User: / 2
TerburukTerbaik 
Ditulis oleh Kabag Humas   
Selasa, 22 November 2011 15:30

Teks foto : Wakil Bupati Suhari Pane ketika membacakan sambutan tertulis bupati Labuhanbatu pada acara Bimtek Bidang Hak Azasi Manusia (HAM) di ruang data dan karya kantor bupati.

RANHAM OKRANTAUPRAPAT, ML : Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipimpin oleh Sumarsono SE acara pembukaan penyelenggaraan bimbingan teknis (Bimtek) bidang hak azasi manusia (HAM) di ruang data dan karya kantor bupati secara resmi dibuka oleh wakil bupati Labuhanbatu Suhari Pane SIP, Selasa (22/11).

Acara yang diikuti oleh para perwakililan seluruh SKPD, OKP, KNPI dan para pengacara serta ormas juga dihadiri oleh ketu DPRD Hj Ellya Rossa Siregar, Wakalpolres Kompol Tetra Darmariawan SIK, Wakil Ketua Pengadilan Negeri, para kepala SKPD, Kabag Pemerintahan H Sarbaini dan Kabag Humas Abdurrahman.

Dalam pidato tertulisnya, bupati Labuhanbatu Tigor Panusunan Siregar yang dibacakan oleh Wakil Bupati Suhari Pane mengatakan, pemerintah sebagai lembaga negara baik yang berada di tingkat pusat maupun di tingkat daerah memiliki tanggung jawab utama dalam menegakkan HAM disbanding dengan lembaga Negara lainnya seperti legislatif dan yudikatif.

Hal itu didasarkan karena pemerintah merupakan pelaksana pemberi pelayanan kepada warga masyarakat baik pelayanan pembangunan maupun pelayanan pemberdayaan masyarakat sebagai wujud pelaksanaan otonomi daerah.

Ditambahkan bupati, bahwa rencana aksi nasional hak azasi manusia (RANHAM) Indonesia tahun 2011-2014 dibentuk berdasarkan peraturan presiden republik Indonesia nomor 23 tahun 2011 yang di dalamnya memberikan tugas kepada kepala daerah tingkat provinsi, kabupaten dan kota melaksanakan program RANHAM sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing serta memperhatikan kondisi dan permasalahan daerah.

Sebagai wujud ketaatan Pemkab Labuhanbatu atas amanat yang diberikan oleh Perpres nomor 23 tahun 2011 diimplementasikan melalui peraturan bupati Labuhanbatu nomor 50 tahun 2011 tentang Rencana Aksi Nasional Hak Azasi Manusia (RANHAM) Indonesia tahun 2011-2014 di kabupaten Labuhanbatu.

RANHAM kabupaten Labuhanbatu merupakan komitmen Pemkab Labuhanbatu terhadap penghormatan, perlindungan, pemajuan, penegakan dan pemenuhan HAM dengan memberhatikan aspek plurarisme dan multi kulturalisme dank arena itu harus dipahami, dijadikan acyan dan dilaksanakan oleh semua penyelenggaraan kekuasaan Negara secara akuntabel.

Sekretaris panitia penyelenggara yang juga kepala bagian hokum Setdakab Labuhanbatu H Burhanuddin Rambe SH menyampaikan maksud dan tujuan diselenggarakannya Bimtek tersebut, yakni memperkenalkan hak azasi manusia (HAM) secara universal kepada anggota panitia RANHAM Indonesia tahun 2011-2014 di kabupaten Labuhanbatu.

Selain itu, tambahnya, untuk menambah pengetahuan dan pemahaman tentang sejarah dan perkembangan hak azasi manusia kepada anggota panitia RANHAM Indonesia tahun 2011-2014 di kabupaten Labuhanbatu.

Disamping itu, kata Burhanuddin, agar setiap panitia RANHAM dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dapat menghormati, memajukan, memenuhi, melindungi dan menegakkan hak azasi manusia masyakat kabupaten labuhanbatu dengan tetap saling memberikan partisipasi nyata dan solusi atas permasalahan yang dihadapi sebagai ekses pemberian pelayanan kepada masyarakat yang tidak dapat kita hindarkan bahkan tidak kita inginkan.

Pelaksanaan Bimtek itu dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 22-23 November 2011 dengan peserta yang berasal dari seluruh anggota panitia RANHAM Indonesia tahun 2011-2014 di kabupaten Labuhanbatu.

Sementara narasumber berasal dari Kanwil kementerian hukum dan HAM provinsi Sumatera Utara, unsure biro hokum Setdapropsu, unsur Poldasu, kepala pusat study HAM Unimed, dosen pasca sarjana fakultas hokum USU dan unsure LSM pemerhati HAM.(AR).

 

PENGUMUMAN PEMENANG

PEMANFAATAN BARANG

MILIK DAERAH EKS.PASAR BARU

(BGS)

KLIK DISINI

Pengumuman

BEASISWA PRESTASI

LABUHANBATU

di sini...


LabuhanbatuKab.go.id
Kab. Labuhanbatu