28
Jul

Pencanangan Bakti Sosial TNI-KB-KES Merupakan Wujud Sinergitas Antar Lintas Sektoral

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Teks Foto : Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si sedang memukul gong dalam acara Pencanangan Bakti Sosial TNI-KB-KES, Peringatan Hari Keluarga Ke-23 dan Hari Anak Tingkat Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2016 di Lapangan Ikbina Rantauprapat.

Pencanangan TNI-KB-KESRANTAUPRAPAT, ML : Pencanangan Bakti Sosial TNI-KB-KES Merupakan Wujud Sinergitas Antar Lintas Sektoral dan sebagai bentuk partisipasi TNI Angkatan Darat dalam memberdayakan wilayah pertahanan pada pengolahan sumberdaya manusia yang berkualitas serta mensukseskan program kependudukan dan keluarga berencana.

            Hal tersebut dikatakan Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si pada acara Pencanangan Bakti Sosial TNI-KB-KES, Peringatan Hari Keluarga Ke-23 dan Hari Anak Tingkat Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2016, Rabu (27/7) di Lapangan Ikabina Rantauprapat yang ditandai dengan pemukulan gong disaksikan Wakil Bupati dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Labuhanbatu.

            Dengan terbangunnya sinergitas antar lintas sector terkait, maka berbagai persoalan yang merupakan penyakit yang meresahkan di masyarakat dapat ditangani sedini mungkin sehingga Kabupaten Labuhanbatu akan terbebas dari bahaya Narkoba, Pergaulan bebas dan Pornografi. Sebagai orang tua, masyarakat dan pemerintah, kita memiliki kewajiban yang sama untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi tumbuh kembang anak sehingga akan tercipta anak-anak Labuhanbatu yang berkarakter dan menghargai orang lain, jelas Pangonal Harahap.

            Menurutnya, keluarga merupakan miniature Negara, apabila setiap keluarga dapat memperkuat ketahanan keluarganya, maka estafet pembangunan bangsa akan dilanjutkan oleh generasi yang sehat, cerdas, berakhlak mulia dan berkarakter. Momentum Peringatan Hari keluarga tahun ini mengedepankan keikutsertaan keluarga dimana keluarga adalah wadah tempat berkumpul, berinteraksi, sumber inspirasi serta tempat berbagi, kita berharap para keluarga di Labuhanbatu masih dapat menjalankan keempat fungsi tersebut.

            Pangonal Harahap juga mengutarakan, Peringatan Hari Anak dimaknai sebagai kepedulian kita semua terhadap pemenuhan hak dan perlindungan anak agar mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Mari kita dorong agar setiap keluarga menjadi lembaga pertama dan utama dalam pengasuhan yang berkualitas, memiliki pengetahuan, ketrampilan dan pemahaman yang komprehensif dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak.

            Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj. Siti Awal Pangonal Harahap dalam sambutannya mengatakan, Keluarga masih menjadi hulu suatu komunikasi dengan kata lain menilai kepribadian seseorang bisa terlihat dari keadaan keluarganya. Jika Ibu dan Ayahnya baik, maka mereka menjadi contoh yang baik untuk anak-anaknya.

            Lanjutnya, Selama ini masyarakat mengetahui program Keluarga Berencana hanya berhubungan dengan alat kontrasepsi dan jumlah kelahiran anak, padahal esensi dasar perencanaan keluarga adalah untuk terciptanya keluarga yang bertanggung jawab dalam dimensi pendidikan, kesehatan, kesejahteraan dan masa depan, disinilah peran PKK bersinergi dengan lintas sector dan SKPD terkait seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Perindagkop & UKM, Badan PMD/K dan BP2KB.

            Dengan memberdayakan kaum perempuan dan didukung SKPD terkait, maka berbagai program dan kegiatan yang ada di PKK dapat terlaksana. Gerakan PKK menyentuh hingga pedesaan dengan harapan dapat memberikan pemahaman dan menambah pengetahuan para ibu dalam mendidik dan mengasuh anak-anaknya, terang Ketua TP PKK Kabupaten Labuhanbatu ini.

            Sementara, Kapt.Inf. Bahdi, S.Ag Sekretaris Panitia dalam laporannya menjelaskan, untuk menyemarakkan Pencanangan Bakti Sosial TNI-KB-KES, Peringatan Hari Keluarga Ke-23 dan Hari Anak Tingkat Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2016, ada beberapa rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu, Kegiatan orientasi pendewasaan usia perkawinan yang diikuti seluruh Koramil yang ada di wilayah Kodim 0209 Labuhanbatu serta seluruh Kakan Kemenag Kecamatan serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. Kemudian melaksanakan Perlombaan pemasangan KB Lestari, Petugas dan Kader KB Teladan serta perlombaan Pusat Informasi Remaja (PIK-Remaja) Tingkat SLTA se-Labuhanbatu.

            Sedangkan kegiatan yang sedang berlangsung hari ini adalah pelayanan pemasangan alat kontasepsi implant dan medis operasi pria (MOP) dan Donor Darah di Lapangan Ikabina dan memberika pelayanan perekaman KTP dan Akte Kelahiran Gratis di Lokasi Acara serta mellaksanakan pemeriksaan kesehatan dan sunat massal gratis di lokasi kampong KB, sebutnya.