Beranda Pemerintahan DINAS PENDIDIKAN Manajerial Kepala Sekolah Harus Mampu Tingkatkan Mutu Pendidikan
Manajerial Kepala Sekolah Harus Mampu Tingkatkan Mutu Pendidikan PDF  Array Cetak Array
Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 
Ditulis oleh Kabag Humas   
Jumat, 27 Januari 2012 15:37

Teks foto : Para kepala, pengawas dan penilik sekolah foto bersama bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar SpPD usai pelantikan. Tampak Kepala BKD Aswad Siregar SE MAP dan Kadis Pendidikan Drs Iskandar, Kabag Humas Abdurrahman Hsb dan Sekretaris Diknas Hobol Zulkifli Rangkuti turut mendampingi.

PELANTIKAN KEPALA SEKOLAH 1RANTAUPRAPAT, ML : Kepala sekolah harus memiliki manajerial yang baik dalam mengelola sekolah yang dipimpinnya. Sebahagian besar manajerial itu harus diarahkan untuk peningkatan mutu pendidikan disamping untuk pengelolaan operasional sekolah itu sendiri.

PELANTIKAN KEPALA SEKOLAH 2Hal itu disampaikan Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar SpPD ketika melantik 71 orang kepala, pengawas dan penilik sekolah di jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu yang dilaksanakan di Aula SMK Negeri 2 Rantau Utara, Jum’at (27/1-12).

PELANTIKAN KEPALA SEKOLAH 3Tigor menegaskan, bahwa salah satu misi Tigor-Suhari adalah jangan bodoh. Jangan bodoh ini tentunya diawali dari sekolah. “Oleh sebab itu merupakan tugas seorang kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah yang dia pimpin”, kata Tigor.

Dikatakannya, selain upaya peningkatan mutu pendidikan kepala sekolah juga harus mampu menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, asri dan nyaman bagi anak-anak didik. “Saya tegaskan, saya tidak mau ada WC di sekolah yang jorok. Apabila ini terjadi, maka saya akan beri tindakan tegas kepada kepala sekolah yang bersangkutan”, tegas Tigor.

PELANTIKAN KEPALA SEKOLAH 4Memberikan arahan untuk berperilaku hidup sehat kepada anak-anak sejak dini sangat penting, seperti mencuci tangan sebelum makan dan membuang sampah pada tempatnya. Hal itu terlihat sangat sederhana dan tidak terasa manfaatnya saat ini, tetapi hal itu baru terasa 20 tahun yang akan datang.

PELANTIKAN KEPALA SEKOLAH 5Dapat kita lihat, bahwa yang membuang sampah sembarangan itu adalah para orang tua yang pada masa kecilnya dulu tidak diajarkan untuk membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. Oleh sebab itu sejak dini mari kita ajarkan dan contohkan kepada anak-anak kita untuk membuang sampah pada tempatnya serta berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Sejak diluncurkannya program PHBS oleh Dinas Kesehatan, kata Tigor, prosentase anak terkena diare dan cacingan menurun sampai 70 %. Ini menunjukkan, bahwa memberi contoh dan pengarahan kepada anak sangat besar manfaatnya pada masa yang akan datang.

PELANTIKAN KEPALA SEKOLAH 6Pada kesempatan itu Tigor kembali menegaskan, bahwa jabatan itu bukanlah hak, tetapi amanah yang diberikan atasan kepada kita. Saya selaku bupati setiap tahun memberikan laporan kepada rakyat melalui DPRD, demikian juga amanah yang diberikan berupa jabatan akan dilakukan evaluasi setiap saat.

Oleh sebab itu, jagalah amanah yang diberikan. Beri laporan kepada atasan secara berjenjang, mulai dari KUPT sampai Kepala Dinas. Demikian juga kalau ada yang tidak dipahami jangan sungkan untuk bertanya kepada atasan kita agar segala permasalahan dengan cepat dapat diatasi.

PELANTIKAN KEPALA SEKOLAH 7Ditambahkannya, bahwa mutasi adalah hal yang wajar terjadi dalam suatu organisasi. Karena mutasi merupakan rangkaian kegiatan pembinaan yang penempatannya dilakukan melalui berbagai alasan dan pertimbangan.

“Mutasi dan promosi bukanlah kegiatan akhir, tetapi akan mengalami proses sepanjang waktu. Mutasi harus diterima dengan baik, dan jadikan siklus (perputaran) jabatan sebagai sarana peningkatan kualitas kinerja,” jelas  Tigor.

Bupati juga mengatakan, semua pihak dapat menghargai mekanisme yang berlaku, termasuk system  mutasi yang dijalankan. “Perpindahan jabatan merupakan dinamika yang umum dilakukan dalam suatu organisasi pemerintahan, sekaligus upaya penyegaran organisasi menuju kemajuan pembangunan yang pada akhirnya terwujudnya kesejahteraan rakyat.

Hadir pada acara itu antara lain Kepala BKD Aswad Suregar SE MAP, Kadis Pendidikan Drs Iskandar, Kabag Humas Abdurrahman Hasibuan, Sekretaris Dinas Pendidikan Hobol Zulkifli Rangkuti, Kabid SMA Diknas Saiful Azam Siregar, para KUPT dan insan pers.(AR).

 

PENGUMUMAN HASIL KUALIFIKASI

PEMANFAATAN BARANG

MILIK DAERAH EKS.PASAR BARU

KLIK DISINI

Pengumuman CPNS Katagori 2 Kab.Labuhanbatu

sumber: cpns.menpan.go.id, cpns.liputan6.com, sscn.bkn.go.id

di sini...


LabuhanbatuKab.go.id
Kab. Labuhanbatu