Beranda Pemerintahan KIPP Kelompok Tani Merupakan Lembaga Strategis di Pedesaan
Kelompok Tani Merupakan Lembaga Strategis di Pedesaan PDF  Array Cetak Array
Penilaian User: / 1
TerburukTerbaik 
Ditulis oleh Kabag Humas   
Selasa, 07 Mei 2013 16:16

Teks foto : Asisten Pemerintahan Setdakab Labuhanbatu Drs Sarbaini saat memberikan arahan dan dimbingan pada Apel Gabungan di lapangan Diklat BKD, Senin (6/5-2013).

APEL GABUNGAN SENIN 6-5-13 1RANTAUPRAPAT, ML  : Kelompok tani merupakan lembaga strategis di pedesaan karena lembaga ini mempunyai fungsi sebagai kelas belajar bagi petani dan keluarga, sebagai unit produksi dan sebagai wahana kerjasama. Demikian disampaikan Asisten Pemerintahan Setdakab Labuhanbatu Drs H Sarbaini ketika memberikan arahan dan bimbingan pada upacara apel gabungan di lapangan Balai Diklat BKD, Senin (6/4-13).

Diungkapkannya, bahwa saat ini masih banyak ditemukan kelembagaan petani yang belum optimal sebagai pelaku usaha, dengan aksebelitas yang rendah terhadap informasi pasar dibandingkan dengan pelaku usaha lainnya, yang mengakibatkan harga yang diterima petani tidak menguntungkan.Demikian juga aksebelitas petani terhadap informasi teknologi dam sumberdaya lainnya masih sangat terbatas. Terbatasnya penguasaan dan  pemanfaatan teknologi serta penguasaan sumberdaya lainnya mengakibatkan produktifitas, efesiensi dan daya saing usaha petani menjadi rendah.

Terkait dengan itu kepada para penyuluh pertanian memiliki tugas berat untuk memberhasilkan program peningkatan produksi beras nasional (P2BN), hal ini sejalan dengan Visi Pemkab L.Batu yaitu Mandiri 2015 menuju Sejahtera 2020, salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah meningkatkan fungsi Balai Penyuluhan pertanian atau BPP yang ada di Sembilan Kecamatan sebagai Pos Simpul koordinasi program.

Selanjutnya Sarbaini mengatakan melalui peningkatan fungsi Balai Penyuluhan Pertanian ini, maka akses pelayanan dari berbagai instansi atau Lembaga lain kepada petani melalui kelompok tani dan gabungan kelompok tani semakin dapat ditingkatkan.

Pada bagian lain Sarbaini menyampaikan pada bulan ini Sensus Pertanian akan dilaksanakan secara serentak diseluruh wilayah Indonesia termasuk di Kabupaten L.Batu, untuk itu kepada setiap aparatur pemerintah yanga ada di Kabupaten, Kecamatan dan Desa agar dapat mendukung kegiatan ini hingga dapat terlaksa dengan baik.

Hadir dalam acara itu dihadiri, Kaban Lingkungan Hidup, kaban Pemberdayaan Perempuan dan KB, Kaban PMD/K, Kadis Hutbun, Kadis Perhubungan dan Kominfo, Kakan KIPP, Kasat Pol PP, para pejabat Eselon III dan IV serta staf dijajaran Pemkab Labuhanbatu. (ms)

 

PENGUMUMAN HASIL KUALIFIKASI

PEMANFAATAN BARANG

MILIK DAERAH EKS.PASAR BARU

KLIK DISINI

Pengumuman CPNS Katagori 2 Kab.Labuhanbatu

sumber: cpns.menpan.go.id, cpns.liputan6.com, sscn.bkn.go.id

di sini...


LabuhanbatuKab.go.id
Kab. Labuhanbatu