Beranda
Tim Penggerak PKK Labuhanbatu Adakan Pelatihan TPK3-PKK PDF  Array Cetak Array
Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 
Ditulis oleh Kabag Humas   
Selasa, 28 Mei 2013 08:42

Teks foto : Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu dr Hj Fitra Laila Tigor P Siregar SpTHT menyematkan tanda peserta kepada para perwakilan pelatihan TPK3-PKK di Balai Karyawan PTPN III Kebun Rantauprapat.

PELATIHAN PKK DI BILAH BARAT 1RANTAUPRAPAT, ML : Tugas Tim Penggerak PKK ke depan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan pembangunan. Oleh sebab itu anggota PKK dituntut untuk lebih terampil dan berkualitas dalam pengelolaan maupun pelaksanaan 10 program pokok PKK di desa. Salah satu tugas PKK adalah melaksananan Gerakan Posyandu di desa masing-masing.

Hal itu disampaikan Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar SpPD dalam sambutannya pada acara Pelatihan Tim Penggerak Ketua Kelompok-Kelompok (TPK3-PKK) Desa se-kecamatan Bilah Barat yang dilaksanakan di Balai Karyawan PTPN III Kebun Rantauprapat, Senin (27/5-13).

PELATIHAN PKK DI BILAH BARAT 2Pada kesempatan itu Tigor menyampaikan beberapan informasi pembangunan kepada hadirin antara lain tentang pendidikan gratis, program Labuhanbatu Mengaji, pengurusan akta catatan sipil gratis dan pelayanan kesehatan gratis. “Saat ini Pemkab Labuhanbatu sudah memberikan kemudahan siapa saja yang mau sekolah, karena sudah digratiskan sampai tingkat lanjutan atas. Pemkab juga segera akan memberikan beasiswa kepada pelajar yang masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur undangan. Jadi tolong informasikan program-program ini kepada jiran tetangga agar mereka tahu bahwa Pemkab Labuhanbatu sudah member kemudahan-kemudahan kepada warganya”, papar Tigor.

PELATIHAN PKK DI BILAH BARAT 3Diakui Tigor, walau pelayanan pembuatan akta catatan sipil sudah digratiskan sejak lama, namun masih banyak warga yang enggan untuk mengurusnya. Padahal, ungkapnya, akte kelahiran merupakan salah satu persyaratan kita untuk mendapatkan passport bila ingin menunaikan ibadah haji atau bepergian ke luar negeri. Demikian juga halnya dengan KTP, merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis di Puskesmas maupun di RSUD.

Sebelumnya dr Sonia Anastasia Rarasto selaku panitia mengatakan, kegiatan pelatihan TPK3-PKK ini tujuannya untuk mempersatukan langkah sebagai mitra  kerja antara tim Penggerak PKK dan Pemerintah disemua tingkatan di Kecamatan Bilah Barat sekaligus untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman para peserta tentang program dan kegiatan PKK khususnya penjabaran 10 program PKK sekaligus meningkatkan keterampilan SDM PKK Desa.

PELATIHAN PKK DI BILAH BARAT 4Dijelaskannya, pelatihan berlangsung selama sehari, diikuti sebanyak 186 Peserta terdiri dari Pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan 10 orang, Ketua dan Sekretaris Desa 20 orang dan Ketua Sekretaris Dusun 156 orang, dengan Narasumberr dari Kaban PMDK Labuhanbatu, Kaban Pemberdayaan Perempuan dan KB, Dinkes, dan dari PKK Kabupaten.

Kegiatan pelatihan TPK3-PKK ini merupakan program rutin yang dilakukan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu setiap tahunnya. Pelatihan ini dilaksanakan di seluruh kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu dengan harapan seluruh anggota dan pengurus PKK di daerah ini mengerti akan pentingnya mejalankan 10 program pokok PKK.

PELATIHAN PKK DI BILAH BARAT 5Hadir pada acara itu, Ketua TP PKK Labuhanbatu Hj dr Fitra Laila SpTHT, Kaban PMD/K Zahid Harahap Sos, Kaban Pemberdayaan Perempuan dan KB Helifenida SKM MKes, Camat Bilah Barat M Yusuf Lubis, KUPT Bilah Barat, para Kepala Desa se-kecamatan Bilah Barat dan Pengurus dan anggota TP PKK kecamatan Bilah Barat. (ms).

 

Media

LabuhanbatuKab.go.id
Kab. Labuhanbatu