Beranda Berita Faktor Ekonomi Dapat Mempengaruhi Kerukunan Umat Beragama
Faktor Ekonomi Dapat Mempengaruhi Kerukunan Umat Beragama PDF  Array Cetak Array
Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 
Ditulis oleh Administrator   
Selasa, 17 September 2013 00:00

RantauFKUB - Wakil Bupatiprapat (ML): Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu bersama kantor Kementerian Agama, Selasa (17/9) pagi, memfasilitasi acara dialog antar Ummat Bergama bertempat di ruangan Aula Mapenda Komplek Asrama Haji Rantauprapat.

Dalam dialog ini, menyampaikan paparan Wakil Bupati Suhari Pane SIP, Wakil Kepala Kepolisian Resor Kompol Arbain Panggabean dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Labuhanbatu, drs H Dahman Hasibuan MA.

Kegiatan dialog digelar Forum Komunikasi Ummat Beragama (FKUB), diikuti para tokoh lintas agama, baik dari Agama Islam, Kristen Protestan, Katholik, Hindu, Buddha maupun Konghucu tingkat Kabupaten Labuhanbatu. Serta tokoh dan pemuka agama dari sembilan kecamatan yang ada didaerah ini.

Wakil Bupati Suhari Pane SIP, dalam paparannya didepan dialog Forum Kerukunan Umat Bergama (FKUB) Kabupaten Labuhanbatu, antara lain mengatakan, faktor ekonomi dapat mempengaruhi kerukunan ditengah-tengah umat beragama.

Suhari mencontohkan, ketika harga sawit atau kelapa sawit urun, disuatu daerah turut  mempengaruhi kerukunan umat beragama. Faktor lain juga terkait dengan ketidak pedulian diantara sesama pemeluk agama yang berbeda. Hal ini perlu kita cermati.

Namun sebaliknya ujar wakil bupati, suasana harmonis juga terjadi diantara sesama warga yang berbeda agama. Seperti di Negerilama Kecamatan Bilahhilir, ummat Islam yang mayoritas di salah satu desa sekitar Negerilama, turut membantu umat Nasrani.

FKUB - Tokoh Agama IslamSebaliknya di Sei Pelancang, umat Islamnya minoritas sedang membangun mesjid. Justru ummat Nasrani turut membantu ummat Islam, agar pembangunan mesjid cepat selesai.

Hal-hal seperti ini perlu kita cermati, untuk terpeliharanya kerukunan antar ummat beragama yang berbeda, maupun internal sesama umat beragama. Karena hal kecil, bisa merusak kerukanan ummat.  

                                                                                                                                                          
Usai penyampaian paparan dari Wakil Bupati Suhari Pane SIP, Wakil Kepala Kepolisian Resor Kompol Arbain Panggabean dan Kepala Kantor Kementerian Agama, masing-masing peserta diberikan kesempatan bertanaya, menyampaikan pendapat untuk menyatukan pandangan dalam menciptakan kerukunan umat beragama di daerah ini.

 

LabuhanbatuKab.go.id
Kab. Labuhanbatu